Pada akhir Desember 2013 yang lalu saya mencoba (untuk pertama kalinya) belanja online di Qoo10 Global (dengan toko penjual yang ada di China Mainland). Awalnya sih agak khawatir barangnya gak nyampe Indo dengan selamat.
Dua 1/2 minggu setelah pengiriman, barang pesanan saya sudah sampai di Indonesia. Tidak perlu harap-harap cemas kapan barang tersebut bakal sampai, berhubung pengirimannya menggunakan China Post Registered Mail maka status pengiriman dapat dilacak secara online.
Situs pelacakan barang secara online ada di sini. Ketika barang sudah sampai di Indonesia, maka pelacakan selanjutnya harus (dan hanya bisa) dilakukan di Pos Indonesia. Ada kode-kode status kiriman yang susah juga untuk dicerna oleh orang awam seperti kita ini (meskipun sudah ada penjelasan di bawahnya).
Intinya, diperlukan kesabaran untuk menunggu. Ketika nomor kiriman sudah masuk di situs Pos Indonesia, diperlukan kira-kira minimal 1 minggu untuk sampai ke alamat yang dituju (Jakarta) dan akan ada pungutan tambahan yang harus dibayar (kalau saya sih kemarin Rp 3.000,00 saja).
Denger-denger sih kalau kirimannya oleh petugas bea dan cukar ditafsir melebihi suat nilai tertentu (mungkin 500rb kali) maka barangnya akan dikenakan pajak, entah berapa persen - tergantung jenis barang kali.
Denger-denger sih kalau kirimannya oleh petugas bea dan cukar ditafsir melebihi suat nilai tertentu (mungkin 500rb kali) maka barangnya akan dikenakan pajak, entah berapa persen - tergantung jenis barang kali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar